Sains menuntut siswa untuk bersikap ilmiah dalam menemukan konsep & prinsip pada pelajarannya. Hakikatnya, belajar sains memang melibatkan dimensi produk dan berorientasi pada keterampilan proses. Keterampilan proses yang dikembangkan dalam pembelajaran sains antara lain: mengamati, mengklasifikasi, mengukur, mengkomunikasikan, menyimpulkan, dan merencanakan eksperimen.

Untuk melakukan kegiatan eksperimen atau percobaan di berbagai tingkatan sekolah hingga perguruan tinggi, pastinya membutuhkan laboratorium yang memadai, baik dari kualitas ataupun kuantitasnya yang sesuai dengan jumlah siswa di sekolah.

Dalam pembelajaran sains, laboratorium memang memegang peranan yang sangat penting. Diantaranya, sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan dasar mengamati atau mengukur dan keterampilan proses lainnya, seperti mencatat, membuat tabel, membuat grafik, menganalisis data, menarik kesimpulan, berkomunikasi dan bekerja sama dengan kelompok. Sebagai wahana untuk membuktikan konsep yang telah dibahas sebelumnya. Serta sebagai wahana mengembangkan keterampilan berpikir melalui proses pemecahan masalah dalam rangka siswa menemukan konsep sendiri sehingga laboratorium dapat dijadikan wahana learning how to learn.

Meski begitu, tidak semua eksperimen dapat dilakukan secara nyata dilaboratorium. Selain karena terbatasnya peralatan, juga terkait karakteristik eksperimen itu sendiri yang melibatkan proses dan konsep abstrak sehingga dibutuhkan suatu alternatif agar kegiatan eksperimen pada konsep-konsep abstrak tersebut dapat dilakukan. Keterbatasan pengadaan laboratorium di sekolah juga masih menjadi masalah utama terutama pada sekolah-sekolah di daerah 3T. Pijar Sekolah berusaha mewujudkan alternatif tersebut dengan menghadirkan laboratorium virtual atau Lab Maya! Laboratorium Maya adalah pengalaman belajar yang melibatkan proses dimana siswa berinteraksi dengan bahan dan peralatan virtual secara terampil seperti bahan dan peralatan nyata.

Lab Maya memungkinkan siswa untuk menghubungkan antara aspek teoritis dan yang praktis, tanpa kertas dan pena. Hal ini secara elektronik diprogram dalam komputer untuk mensimulasikan percobaan nyata di dalam laboratorium nyata.

Dibuat dengan program multi media interaktif agar siswa dan guru dapat mengunakan Lab Maya untuk berinteraksi dengan materi yang di gunakan. Begitu efektif dan efisiennya Lab Maya ini karena tidak perlu menggunakan gedung khusus dan alat-alat laboratorium yang harganya juga cukup mahal serta sulit didapat. Siswa juga dapat mengulang kembali praktikum jika belum mengerti. Selain itu, pengadaan laboratorium maya lebih murah dari pada sebuah laboratorium nyata . Ya, penggunaan laboratorium maya Pijar Sekolah adalah solusi yang baik.

By NO Comment , , 10 June 2017
  • Kidschool
    19 October 2017

    industry’s standard dummy text ever

    Reply

Leave a Reply